Membuat Objek dan Mewarnai

Membuat Objek dan Mewarnai

Spread the love

Pada Adobe Flash CS3, ada alat yang digunakan untuk membuat objek sederhana yaitu untuk membuat lingkaran (Ovals Tool and Oval Primitive Tool), kotak (Rectangle Tool and Rectangle Primitive Tool), dan segilima (Polystar Tool). Tools tersebut juga berguna untuk membuat objek baru, dengan cara menggabungkan beberapa objek sederhana yang ada saling bertumpukan dan mengiris satu dan lainnya.

Untuk pewarnaan, dapat gunakan satu warna atau beberapa campuran sehingga menghasilkan efek gradasi. Berikut beberapa contoh pembuatan objek dan pewarnaannya.

Gambar 1. Alat untuk membuat objek sederhana
Gambar 2. Alat untuk mewarnai bagian luar
Gambar 3. Alat untuk mewarnai bagian dalam
Gambar 4. Objek Lingkaran dengan satu warna


Pada saat membuat objek seperti Lingkaran, kamu dapat mengeset warna yang diinginkan pertama kali atau pada saat objeknya sudah jadi. Objek yang di buat terdiri dari bagian luar (Stroke) dan bagian dalam (Fill). Jika tidak menginginkan bagian luar, pilih tanda X pada palet warna yang tesedia di bagian Stroke Color. Jika tidak menginginkan objek yang tengahnya tidak berwarna (hanya ada warna bagian luarnya), pilih tanda X pada palet warna di Fill COlor. Untuk membuat lingkaran yang sempurna, gunakan alat Oval Tool, dan gambar lingkaran di Stage dengan menekan tombol Shift.

Gambar 5. Objek kotak sederhana dengan sisi melengkung


Untuk membuat objek kotak, gunakan alat Rectangle Primitive Tool. Pada Properties, ganti nilai dari Corner Radius.

Gambar 6. Objek segilima sederhana

Untuk membuat Segilima, gunakan Polystar Tool.

Gambar 7. Hasil pewarnaan tipe Linear

Untuk mengganti warna dalam objek, klik pada area dalam objek yang ingin di ganti (misal lingkaran). Pada palet Color, pilih tipe dari Fill Color (misal Linear). Di bagian warna kamu dapat mengganti sesuai keinginan (warna standar awal Hitam dan Putih).

Gambar 8. Jendela pewarnaan tipe Linear
Gambar 9. Hasil pewarnaan tipe Radial
Gambar 10. Jendela pewarnaan tipe Radial
Gambar 11. Hasil pewarnaan menggunakan image
Gambar 12. Jendela pewarnaan tipe image

Posted on: January 15, 2012admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up