New Objek

New Objek

Spread the love

Latihan kali ini diperlukan kesabaran dan ketelitian karena akan banyak bagian yang perlu digabungkan untuk menghasilkan objek baru. Proses pemisahan setiap objek pada layer dan penggabungan semua objek jika sudah selesai dan sesuai dengan yang diinginkan dalam satu layer, menuntut ketelitian. Jika meletakkan objek saling bertumpukkan di dalam satu layer, akan mengakibatkan penyatuan dan tidak terlihat lagi keaslian bentuk objek. Jika di pisah-pisah, kita dapat meletakkannya terlebih dahulu pada tempat yang diinginkan, mengeditnya, kemudian menyatukannya kembali dalam satu layer.

Pada latihan kali ini akan membuat seekor cicak.
Bagian yang pertama di buat adalah tubuhnya.

Gambar 1. Pembuatan objek baru

Untuk membuat kaki dan tangan, cukup membuat 1 objek, lalu mengkopinya sebanyak yang diperlukan. Klik kanan layer asli, pilih copy frames, klik kanan pada layer duplikasi, pilih paste frames. Otomatis akan ada 2 objek yang sama dan letaknya juga sama. Agar dapat digunakan sebagai pasangan kaki, masih di layer duplikasi, pilih menu modify -> transform -> flip horizontal, geser objek disisi sebrangnya.

Gambar 2. Pembuatan objek baru satu persatu
Gambar 3. Penduplikasian objek

Untuk pembuatan kaki depan, anda bisa langsung mengcopinya dari kaki belakang, tapi jika ingin membuat beda lakukan langkah di atas untuk mendapatkan hasil sama.

Gambar 4. Pembuatan objek lainnya
Gambar 5. Hasil akhir

Berikut adalah contoh lain dari pembuatan objek baru. Pada objek ini, saya menggunakan pen tools. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. klik pada bidang kosong,
  2. klik lagi pada bidang lainnya, dengan muose tetap di tahan, sehingga tercipta lengkungan sesuai dengan ilustrasi yang diinginkan.
Gambar 6. Penggunaan Pen Tools
Gambar 7. Hasil akhir penggunaan Pen Tools
Posted on: January 22, 2012admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up