Alhamdulillah, Jamsostek cair

Alhamdulillah, Jamsostek cair

Spread the love

Alhamdulillah, akhirnya berhasil juga. Setelah bekerja dan mendapat potongan setiap bulan untuk jamsostek, akhirnya bisa di ambil walaupun melalui proses berliku.


Pertama mencoba mencairkan di BPJS Ketenagakerjaan dekat ITC Depok. Setelah menunggu lama, sekitar 1 jam, gagal karena kurang dokumen dari perusahaan sebelumnya (kalau selama masa 5 tahun kepesertaan dengan 2 perusahaan yang berbeda harus menyertakan surat dari keduanya), dan keanggotaan belum di non-aktifkan oleh perusahaan terakhir. Keluar dari kantor BPJS dan mendapat pengetahuan dari Security yang bertugas, bahwa pengambilan juga harus melewati masa tenggang 1 bulan dari 5 tahun kepesertaan. Maksudnya, jika kepesertaan saya September 2009 maka baru bisa di ambil setelah 5 tahun + 1 bulan sebagai masa tenggang, yaitu Oktober 2014.


Ok, satu persatu diurus. Menghubungi kantor terakhir dan meminta agar di non-aktifkan, dan karena kebaikan mereka, hanya 1 hari sudah beres. Trims Mba Rika dan Wella dari Metalogic, kalian sangat profesional dan tidak menyusahkan hal yang memang sederhana untuk dilakukan secepat kilat.


Yang kedua, harus menyertakan surat pengalaman kerja dari kantor kedua terakhir. Hmmm, ini agak susah, karena kantor saya sudah berganti nama dan tempat beroperasi. Akhirnya, googling kesana kemari dan menemukan beberapa orang dapat menyerahkan hanya dari kantor terakhir. Dan sebagai usaha berikutnya melakukan panggilan telepon ke Jamsostek dan menanyakan hal tersebut. Dan di sini juga mengalami kendala, CS yang tidak bisa menghitung membuat semakin cemas. CS bilang bahwa saya bisa mengambil bulan Nopember 2014, padahal jelas-jelas di BPJS Depok sudah bisa hanya kurang dokumen saja. Saya tidak mau berdebat panjang, karena hanya akan mengurangi pulsa lebih banyak.

Setelah di non-aktifkan, saya mendapatkan surat tugas dari perusahaan kedua (bukan surat pengalaman kerja), dan berbekal itu saya berangkat ke daerah Gatot Subroto, menara Jamsostek. Masuk dan menuju lantai 2, saya menyerahkan dokumen untuk diperiksa. Setelah selesai tahap pemeriksaan pertama dan mendapat nomor antrian (473). Lumayan lama menunggu sambil melihat petugas yang melayani dan keadaan.

Akhirnya, tiba giliran saya. Dokumen diperiksa, ditanyakan tentang surat keterangan dari perusahaan kedua, dan saya menjawab dengan jujur dan memberikan surat tugas yang masih tersisa, petugas dengan sigap men-cap semua dokumen dan menyiapkan lembar bukti untuk saya. Tidak beberapa lama, saya mendapat kabar bahwa dana saya akan ditransfer, maksimal 1 minggu, dan dokumen asli seperti KTP, KK, dan buku tabungan dikembalikan.

Serasa tak percaya, diberikan kemudahan dalam pengurusan kali ini. Terima kasih kepada Bapak Petugas yang mempermudah urusan orang lain, dan saya berdoa agar semua urusan Bapak Petugas juga di permudah di kemudian hari. Terima kasih.

Posted on: March 27, 2015admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up